Magister Psikologi Profesi UNTAG Surabaya Optimis Mendapatkan Nilai Baik

Rabu, 17 Desember 2014 - 09:57:21 WIB
Dibaca: 76 kali

Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) kemarin (12-13/12/2014) telah melakukan visitasi akreditasi pada Program Studi (Prodi) Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya, menurut Kepala Prodi Magister Psikologi Profesi optimis mendapatkan nilai baik sesuai dengan apa yang sudah diusahakan.

Dr. IGAA Noviekayati, M.Si, Psi selaku Kepala Prodi Magister Psikologi Profesi mengatakan bahwa akreditasi dalam dunia pendidikan tinggi adalah pengakuan atas suatu lembaga pendidikan yang menjamin standar minimal sehingga lulusannya memenuhi kualifikasi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau memasuki pendidikan spesialisasi, atau untuk dapat menjalankan praktek profesinya.

Akreditasi perguruan tinggi yang diterapkan dalam sistem pendidikan nasional dimaksudkan untuk menilai penyelenggaraan pendidikan tinggi. Penilaian itu diarahkan pada tujuan ganda, yaitu:
menginformasikan kinerja perguruan tinggi kepada masyarakat, dan mengemukakan langkah pembinaan yang perlu ditempuh terutama oleh perguruan tinggi dan pemerintah, serta partisipasi masyarakat.

Peringkat pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada perguruan tinggi didasarkan atas hasil akreditasi perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh BAN-PT, dengan melakukan akreditasi yang meliputi akreditasi lembaga dan akreditasi program studi.  

Kriteria penilaian untuk akreditasi program studi terdiri atas: identitas , izin penyelenggaraan program studi, kesesuaian penyelenggaraan program studi dengan peraturan perundang-udangan, relevansi penyelenggaraan program studi, sarana dan prasarana, efisiensi penyelenggaraan program studi, produktivitas program studi, dan mutu lulusan.

Untuk melayani kepentingan masyarakat, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional maka Fakultas Psikologi telah bekerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Perguruan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

“Kita sudah berusaha yang terbaik seperti felling, tertib administrasi, semua kegiatan terdokumentasi dengan baik, dan tentunya Tri Dharma Perguruan Tinggi sampai kepelaporan. kita juga telah bekerjasama dengan AP2TPI dan HIMPSI,” kata Novie.

“Saya menyakini jika sudah mengerjakan sesuai dengan tatanan dan prosedur yang telah diatur maka saya optimis nilai yang didapat untuk fakultas psikologi adalah baik pula,” tambahnya.

Sedangkan Dr. Suroso, MS selaku dekan Fakultas Psikologi mengatakan bahwa kemajuan Fakultas Psikologi bukan untuk jangka pendek saja tetapi juga untuk masa depan yang lebih baik.

Komentar