WORKSHOP PSIKOLOGI FORENSIK "PROFILING KORBAN DAN TERSANGKA PADA KASUS KEJAHATAN ANAK"

Rabu, 25 April 2018 - 14:29:55 WIB
Dibaca: 53 kali

Psikologi Forensik merupakan layanan psikologi dalam sistem hukum, psikologi melakukan pengembangan pengetahuan spesifik tentang isu hukum, serta melakukan riset pada permasalahan hukum yang melibatkan proses psikologi. Beberapa kasus kriminal yang perlu peran seorang ahli psikologi, dalam hal ini Psikolog Forensik. Kasus seperti pembunuhan, pemerkosaan, dan hampir semua kasus hukum, selama itu melibatkan manusia sebagai tokoh, Psikolog Forensik harus ikut andil dalam proses hukum, mulai dari pra persidangan sampai pasca pemberian hukuman. Maka dari itu psikologi Perlu melakukan pengembangan pengetahuan spesifik tentang isu hukum, serta melakukan riset pada permasalahan hukum yang melibatkan proses psikologi.

Fakultas Psikologi Untag Surabaya selenggarakan workshop Psikologi Forensik “Profiling Korban dan Tersangka Pada Kasus Kejahatan Anak” pada Senin (16/4). Workshop yang bertempat di Meeting Room 1, Gedung Graha Wiyata Untag Surabaya ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Psikologi Untag Surabaya, Dr. Suroso, M.S. Psikolog.

Workshop ini diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari Mahasiswa Magister Psikologi Profesi, Dosen, Psikolog, Polisi dan Praktisi Rehabilitasi. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 07.15 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Narasumber dalam kegiatan ini, Dra. Reni Kusumawardhani, M.Psi, Psikolog, pakar Psikologi Forensik di Indonesia dapat membawakan materi dengan sangat atraktif dan menarik sehingga peserta sangat antusias dalam mengikuti workshop.

Materi workshop ini meliputi konsep pemeriksaan program, tahap-tahap pemeriksaan, analisis dan kesimpulan. Kegiatan workshop ini lebih banyak memberikan kesempatan kepada peserta untuk praktik langsung bagaimana cara melakukan pemeriksaan dan menganalisis kasus-kasus kriminalitas.

Komentar